Dua Merek Kendaraan Beroda Empat Asal Tiongkok Akan Segera Perluasan Di Indonesia

Industry kendaraan roda empat Tana Air sekarang kembali kedatangan pabrikan kendaraan beroda empat gres sesudah banyak pihak yang menyayangkan sebuah keputusan yang telah diambil oleh Ford untuk pergi dari Indonesia pada beberapa pekan lalu. Pabrikan kendaraan beroda empat yang berasal dari Tiongkok yang akan masuk ke Indonesia tersebut antara lain yakni Wuling dan Sokon yang sudah resmi mengajukan diri untuk menjadi anggota organisasi nirlaba pemegang merek, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) dengan menyusul pabrikan lainnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Noergadjito selaku Sekretaris Umum GAIKINDO bahwa registrasi Wuling dan Sokon bekerjsama sudah dilakukan semenjak dua bulan lalu. Lalu sementara itu untuk ketika ini baik Wuling dan Sokon masih menunggu proses penyelesaian berkas administratif yang masih belum selesai.

Noergadjito juga menyampaikan bahwa yang penting asal semua dokumen yang kita persyaratkan sudah selasai dan semuanya sudah lengkap, ya semuanya akan beres.

Menurut Noergadjito, dokumen yang masih diharapkan yakni persetujuan dari induk perusahaan. Dan dokumen tersebut bakal menjadi bentuk pertanggungjawaban untuk layanan purna jual atau after sales pada para konsumen Indonesia.

Sedangkan untuk pabrikan Tiongkok menyerupai Sokon, mereka akan memproduksi mobilnya di bekas pabrik sepeda motor Sanex yang sudah usang tidak dipakai atau sudah usang tidak terpakai. Dan lokasi pabrik tersebut bertempatan di Cikande, Serang, Banten. Sedangkan untuk oprasional Sokon akan bernaung di bawah pimpinan PT Sokonindo Automobile.

Tidak hanya berupaya untuk menjadi anggota resmi GAIKINDO saja, namun kedua perusahaan tersebut juga telah mengkonfirmasikan akan ikut serta dalam ajang pekan raya Otomotif bergengsi GAIKINDO Indonesia pada tanggal 11-21 Agustus 2016 mendatang.

Hanya sekedar Informasi bahwa merek Wuling sendiri yakni merupakan merek kendaraan beroda empat yang akan dirakit dan di porodukdi di Kawasan Greenland International Industri Center (GIIC), Cikareng, Bekasi. Pendirian pabrik tersebut telah dikelola oleh PT SGMW Motor Indonesia yang mana yakni merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan besar lainnya yakni SAIC Motor Corporation Ltd, General Motor, dan juga Guangxi Motor Corporation. Memang sebelumya wuling dikabarkan bahwa pabrik ini sudah membangun sebuah pabrik dengan lahan seluas 60 hektar dan nilai investasi mencapai USD700 juta. Pabrikan juga sudah siap untuk mempunyai kapasitas produksi kendaraan sampai sebanyak 120 ribu unit pertahun, dan untuk produk utamanya yang akan dijual yakni kendaraan beroda empat yang masuk kedalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) Wuling.