Kenali Ancaman Lampu Hazard, Ketika Hujan Lebat !!

 Masih kurangnya penyuluhan mengenai tata tertib kemudian lintas di jalanan Kenali Bahaya Lampu Hazard, Saat Hujan Lebat !!

Bintangotomotif.com – Masih kurangnya penyuluhan mengenai tata tertib kemudian lintas di jalanan, menciptakan banyak pengendara kurang mengerti bagaimana penggunaan dari lampu hazard terutama bagi pengendara mobil. Saat ini sering kali kita lihat bahwa lampu hazard sering sekali dinyalakan oleh pnegguna kendaraan beroda empat ketika hujan lebat. namun yang perlu anda tau penggunaan lampu hazar pada ketika ekspresi dominan hujan yakni tidak sempurna dan sering kali itu menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Mungkin ketika ini kalian masih bertanya – tanya apasih itu lampu hazard ?? Lampu hazard yakni lampu tanda darurat, lampu ini merupakan mode pada kendaraan bermotor yang sanggup diaktifkan biar lampu sein kira dan kanan berkedip secara bersamaan. Lampu Hazard ini biasanya dipakai sebagai tanda darurat pada kendaraan dan sebagai pemberitahuan kepada pengguna jalan lain yang dibelakang biar berhati – hati. Lampu hazard sanggup diaktifkan dengan menekan tombol hazard yang biasanya disimbolkan dengan gambar segitiga merah.

Setiap pengendara kendaraan beroda empat masih saja memakai lampu ini pada ketika yang tidak tepat. Hal ini sangat tidak disarankan dan tidak diperbolehkan apalagi ketika hujan deras. Menurut Iwan abdurahman selaku Technical Service Division PT Toyota-Astra motor menyampaikan bahwa penggunaan lampu hazard ketika hujan deras justru akan berbahaya. sebab dengan menyalakannya akan menciptakan pengendara dibelakangnya kebingungan. Posisi lampu hazard berada di sudut kendaraan dan mengakibatkan lampu sein tidak berfungsi. padahal fungsi lampu sein yakni sebagai tanda untuk berbelok. Ketika lampu hazard menyala pastinya akan mematikan fungsi dari lampu sein. Bahayanya ketika hujan lebat yakni ketika lampu hazard menyala maka pengendara dibelakang akan kebingungan sebab tidak sanggup memprediksi gerak dari kendaraan, apakah akan berpindah jalur atau berbelok. Saat hujan lebat disarankan jangan menyalakan lampu hazard, cukup menyalakan lampu utama saja.

Hal yang sering dilakukan dalam penggunaan lampu Hazard yakni ketika kondisi jalanan berkabut, sebaiknya nyalakan lampu kabut saja (Fog Lamp) yang berwarna kuning atau lampu uytama. Saat akan memberi tanda lurus di persimpangan. Dan sebaiknya jangan menyalakan lampu hazard sebab tanpa menghidupkan lampu sein itu berarti membuktikan kendaraan akan bergerak lurus.

Bagi pengendara di jalanan, penggunaan lampu hazard harus dilakukan ketika kondisi tepat´┐Ż diantaranya yaitu :1. Saat kendaraan mengalami malfungsi yang mengakibatkan kendaraan berjalan lebih lambat atau berhenti.

2. Saat akan memberitahu kendaraan yang di belakangnya jikalau di depan ada gangguan ibarat adanya kecelakaan, tanah longsor dll.

3. Saat sesuatu terjadi pada kendaraan yang kita tumpangi dan kendaraan harus segera menepi atau berhenti.

4. Saat kendaraan berjalan di luar jalur yang seharusnya dilalui.