Merek Kendaraan Beroda Empat Tiongkok Hilang Dari Daftar Penjualan Kendaraan Beroda Empat Indonesia

Ada sebuah catatan yang berbeda dari data penjualan wholesales yang telah diterbitkan oleh asosiasi kendraan bermotor Indonesia yakni Gaikindo pada bulam Januari 2016 lalu. Salah satu merek kendaraan beroda empat asal Tiongkok yakni Chery telah menghilang dari daftar penjulan kendaraan beroda empat dalam Negeri. Hal tersebut memang telah menjadi catatan yang menarik mengingat bahwa sebelumnya Chery masih tercatat dalam data penjualan kendaraan beroda empat di Indonesia.

Sebagai warta bahwa sesudah dilepas gurp Indomobil, Chery masuk ke Indonesia pada tahun 2012 kemudian dengan melalui Chery Mobil Indonesia (CMI). Namun merek kendaraan beroda empat Tiongkok tersebut tidak lagi melaksanakan acara penjulan kendaraan beroda empat ke diler semenjak tahun 2013 lalu. Selama itu nama Chery memang masih muncul dalam data Gaikindo, namun kemudian pada tahun ini perusahaan kendaraan roda empat tersebut absen.

Kejadian yang dialami oleh Chery ini memang bantu-membantu juga sudah pernah terjadi pada merek kendaraan beroda empat asal Swedia, yakni Valvo. Pejualan Valvo yang terakhir kalinya terekam pada tahun 2013 dengan penjualan wholesales sebanyak 19 unit. Lalu kemudian nama Valvo hilang pada tahun 2015 lalu.

Namun meski begitu, Sekretaris Umum Gaikindo yakni Neogardjito menjelaskan bahwa Cherymemang tidak melaksanakan acara penjualan. Namun belum tentu Chery tutup atau hengkang menyerupai Ford. Pasalnya pernyataan menyerupai itu bukan kapasitas Gaikindo. Mungkin saja masih beroprasi namun masih dalam periode tertentu sedang tidak.

Neogardjito juga telah memastikan bahwa Chery yaitu masih anggota Gaikindo pasalnya masih belum ada pernyataan resmi tertulis dari perusahaan mengenai duduk perkara pengunduran diri atau semacamnya kepada Gaikindo. Dan kita juga masih bicara legal saja. Secara resmi perusahaannya masih ada.

Berdasarkan dari laporan, salah satu diler Chery yang berada di tempat Motorave Jl. Agung Barat No. 15 Sunter, Jakarta utara, menyampaikan bahwa stok Chery sudah tidak tersedia lagi. Namun meski kegiatan penjualan sudah tidak lagi brjalan, namun unit bengkel dan sparepart masih tetap beroprasi. Dan selain itu, laman resmi Chery juga masih dapat diakses, namun akan tetapi sudah tidak di perbaharui lagi alias sudah tidak di update kembali.